Penghargaan Lingkungan Pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2013

Jakarta, 10 Juni 2013, Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tahun 2013 berlangsung hari ini di Istana Negara, Jakarta. Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhonono memimpin acara tersebut dengan memberikan sambutan dan penghargaan di bidang lingkungan untuk para pihak yang telah berusaha dalam upaya pelestarian dan perlindungan lingkungan hidup. Penghargaan disampaikan kepada individu, kelompok maupun perwakilan pemerintah daerah ini adalah (i) Penghargaan Kalpataru (ii) Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik (iii) Anugrah Adipura dan (iv) Adiwiyata Mandiri.
Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA dalam laporannya menyampaikan “Peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, Indonesia mengusung tema “Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan”, tema ini bertujuan untuk menggugah kesadaran kita semua dan masyarakat luas atas pentingnya menyikapi pemanfaatan sumber daya alam termasuk penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) serta pemanfaatan bahan makanan secara bijak.“ Makna mendasar dari tema ini adalah urgensi seluruh umat manusia, baik secara individu, kelompok maupun negara, untuk mengubah pola konsumsi dan produksi atau gaya hidup menuju perubahan perilaku yang berkelanjutan. Tema tersebut selaras dengan tema yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup Dunia, United Nations Environment Programme (UNEP), yaitu “Think.Eat.Save”.
Hasil studi Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) tahun 2012 menunjukkan bahwa Indeks Perilaku Peduli Lingkungan (IPPL) masih berkisar pada angka 0,57 (dari angka mutlak 1). Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat kita belum berperilaku peduli lingkungan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Perilaku konsumsi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhannya, 49,3% berupa bahan makanan yang berasal dari luar daerahnya. Kondisi ini tentunya akan memberikan dampak bagi lingkungan seperti meningkatnya emisi karbon kegiatan pengangkutan bahan makanan tersebut dari daerah asal ketempat tujuan. Dari 6 indikator perilaku: konsumsi energi, membuang sampah, pemanfaatan air bersih, pemanfaatan bahan bakar, penyumbang emisi karbon dan perilaku hidup sehat, nilai terburuk adalah perilaku pemanfaatan bahan bakar yaitu level 0.28.
Pada kesempatan ini diserahkan pula kepada Presiden RI, Status Lingkungan Hidup Indonesia (SLHI) Tematik Tahun 2012 yang memuat informasi penting mengenai kecenderungan kualitas lingkungan dan perkembangan kapasitas pengelolaannya. Pada SLHI ini, Kebijakan program dan kegiatan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup walaupun belum memuaskan, mulai menunjukkan kecenderungan positif. Berdasarkan pemantauan hingga tahun 2012, beberapa parameter kualitas lingkungan hidup mulai menunjukan perbaikan seperti pada kualitas air dan udara, laju deforestasi dan status terumbu karang.
Penghargaan Kalpataru disampaikan kepada individu maupun kelompok masyarakat yang dinilai sebagai pejuang pelestarian lingkungan oleh Dewan Pertimbangan Kalpataru yang dipimpin oleh Bapak Ismid Hadad. Penghargaan ini diberikan kepada 5 orang Perintis Lingkungan, 3 orang Pengabdi Lingkungan, 5 Kelompok Penyelamat Lingkungan serta 3 orang Pembina Lingkungan.
Evaluasi kebersihan dan keteduhan kota melalui Program Adipura juga memberikan pengaruh signifikan pada peningkatan kinerja pengelolaan lingkungan perkotaan. Pada tahun 2013 Program Adipura diikuti oleh 374 kabupaten/kota. Jumlah kota penerima penghargaan Adipura meningkat dari tahun 2012 sebanyak 125 kota menjadi 149 kota. Tahun 2013 ini diberikan 7 Anugerah Adipura Kencana bagi kota yang upayanya melampaui batas pencapaian dari segi pengendalian pencemaran air dan udara, pengelolaan tanah, perubahan iklim, sosial, ekonomi serta keanekaragaman hayati dan 33 kota yang menerima Adipura untuk pertama kalinya dan 109 kota menerima Anugerah Adipura.
Pada tahun 2013 ini dilakukan evaluasi Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) Tahun 2012 dari 30 Pemerintah Provinsi dan 282 Pemerintah Kabupaten/Kota. Penyusun SLHD Tahun 2012 terbaik yang mendapatkan piala untuk kategori Provinsi adalah (i) Provinsi Jambi (ii) Sumatera Barat dan (iii) DKI Jakarta. Untuk kategori Kabupaten/Kota diberikan kepada (i) Kabupaten Pesisir Selatan (ii) Kota Tangerang dan (iii) Kabupaten Gianyar.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan memberikan penghargaan kepada sekolah berbudaya lingkungan melalui Program Adiwiyata. Dewan Pertimbangan Adiwiyata yang diketuai oleh Bapak Arief Rahman, menetapkan peraih penghargaan Adiwiyata Mandiri kepada 120 sekolah.
Pada kesempatan ini pula, Presiden Republik Indonesia menyerahkan secara langsung 18 peraih penghargaan Kalpataru, 7 Anugerah Adipura Kencana dan 33 kota yang menerima Anugerah Adipura untuk pertama kalinya, 22 sekolah Adiwiyata Mandiri dan 6 penghargaan kepada Penyusun SLHD Tahun 2012 terbaik. Presiden juga berkesempatan menandatangani Sampul Hari Pertama Perangko Seri Peduli Lingkungan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2013.
Sebagai rangkaian puncak peringatan HLH 2013 ini, Menteri Lingkungan Hidup akan membuka pameran untuk edukasi anak-anak dengan tema “Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan” yang mulai 10 Juni -14 Juni 2013 bertempat di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup. Pameran ini akan ditujukan untuk anak-anak dan masyarakat umum.
Pada tanggal 10 Juni 2013 ini pula, diselenggarakan Malam Anugerah Lingkungan di Hotel Bidakara, Jakarta. Menteri Lingkungan Hidup akan menyerahkan secara langsung penghargaan 18 Nominator Kalpataru, 39 kota penerima sertifikat Adipura, 109 kota penerima Anugerah Adipura dan 19 kota penerima plakat Adipura, 98 penerima penghargaan Adiwiyata dan 20 plakat kepada penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) terbaik yang terdiri dari 3 provinsi dan 17 kabupaten/kota.

PENGHARGAAN LINGKUNGAN HIDUP TAHUN 2013
Kementerian Lingkungan Hidup menyampaikan penghargaan kepada individu, kelompok maupun perwakilan pemerintah daerah yang telah berprestasi di bidang lingkungan hidup, yaitu Penghargaan Kalpataru, Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik, Adipura, dan Adiwiyata Mandiri.
A. KALPATARU
Dewan Pertimbangan Kalpataru yang dipimpin oleh Bpk. Ismid Hadad menetapkan penghargaan kepada individu maupun kelompok masyarakat sebagai pejuang pelestarian lingkungan, yaitu:
Kategori Perintis Lingkungan, kepada:
1. Suratimin, dari Desa Semoyo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
2. Nazirudin, dari Nagari Malintang, Sumatera Barat.
3. H. Chaerudin, dari Kelurahan Lebak Bulus, DKI Jakarta.
4. Syahdan, dari Kampung Sentosa Barat, Sumatera Utara
5. Herman Malolende, dari Dusun II Desa Wali Ate, Nusa Tenggara Timur.
Kategori Pengabdi Lingkungan, kepada:
1. Darpius Indra, dari Desa Kenagarian Cerocok Anau Ampang Pulai, Sumatra Barat.
2. Koderi, dari Desa Kebonsari, Jawa Timur.
3. Sofia Seven, dari Desa Rejosari, Riau.
Kategori Penyelamat Lingkungan, kepada:
1. Kelompok Penyelamat Penyu “Mabes Desobis”, dari Kampung Aisau, Papua.
2. Kelompok Tani Usaha Bina Usaha Maju II, dari Dusun Bendrong, Jawa Timur.
3. PT. Krakatau Tirta Industri, dari Desa Kebonsari, Banten
4. LSM ECOTON, dari Desa Bambe, Jawa Timur.
5. Kelompok Tim Relokasi Kawasan Permukiman Atas Air dari Marga Sari Kalimantan Timur.
Kategori Pembina Lingkungan, kepada:
1. H. Amran Nur, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.
2. Vinsencius Nurak, dari Desa Kefa Selatan, Nusa Tenggara Timur.
3. Efi Saefudin, dari Desa Menes, Banten.
Selain itu, diserahkan pula penghargaan kepada Nominator Kalpataru 2013 (yang diserahkan Menteri LH pada Malam Anugerah Lingkungan) sebagai berikut :
Kategori Perintis Lingkungan, kepada:
1. Didin Saefudin, dari Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
2. Wagimin, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur.
3. N. Akelaras, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.
4. Sarjono, alamat jalan Gayungan, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.
5. Sugiarto, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.
6. Muchlis, Kota Probolinggo, Propinsi Jawa Timur
Kategori Pengabdi Lingkungan, kepada:
1. Sri Partiyah, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur
2. Erminawati, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.
3. Tutik Sudaryanti, Kabupaten Sleman, Provinsi DIY.
Kategori Penyelamat Lingkungan, kepada:
1. Kelompok Tani Bina Usaha, Kota Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.
2. LSM Tunas Hijau, Kota Surabaya.
3. Yayasan Kaliandra S.E.J.A.T.I, Kabupaten Pasuruhan, Provinsi Jawa Timur.
4. Kelompok Pelestari Mangrove Pesisir Utara, Gresik Provinsi Jawa Timur
5. LSM Palapa Ngariksa Bumi, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.
6. Kelompok Tani Alam Subur, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.
Kategori Pembina Lingkungan, kepada:
1. Prof. Sudharto P. Hadi, MES., PHd., Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah
2. Anak Agung Gede Agung, SH., Kabupaten Badung, Provinsi Bali
3. Y. Suyatno Hadiatmojo, Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
B. Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD)
Kementerian Lingkungan Hidup mendorong pemerintah daerah untuk menyusun Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD). Pada tahun ini dilakukan evaluasi Laporan SLHD dari 30 Pemerintah Provinsi dan 282 Pemerintah Kabupaten/Kota.
Penyusun SLHD Tahun 2012 terbaik yang mendapatkan Trophy (yang diserahkan langsung oleh Presiden RI) sebagai peraih nilai tertinggi untuk kategori Provinsi adalah:
1. Provinsi Jambi
2. Sumatera Barat
3. DKI Jakarta
Untuk kategori Kabupaten/Kota diberikan kepada:
1. Kabupaten Pesisir Selatan
2. Kota Tangerang
3. Kabupaten Gianyar
Penyusun SLHD Tahun 2012 terbaik yang mendapatkan penghargaan berupa Plakat (yang diserahkan Menteri LH pada Malam Anugerah Lingkungan) untuk kategori Provinsi adalah :
1. Jawa Timur
2. DI Yogyakarta
3. Sumatera Utara
Untuk kategori Kabupaten/Kota :

1. Kota Denpasar
2. Kota Padang
3. Kota Blitar
4. Kab. Lumajang
5. Kab. Damasraya
6. Kab. Sleman
7. Kota Balikpapan
8. Kab. Buleleng
9. Kab. Majene
10. Kab. Kulonprogo
11. Kab. Kep. Selayar
12. Kota Surabaya
13. Kota Tarakan
14. Kab. Bantul
15. Kota Makassar
16. Kab. Donggala
17. Kota Bengkulu

C. ADIPURA
Kementerian Lingkungan Hidup mengevaluasi kebersihan dan keteduhan kota melalui Program Adipura yang memberikan pengaruh signifikan pada peningkatan kinerja pengelolaan lingkungan perkotaan. Pada tahun 2013 Program Adipura diikuti oleh 374 kabupaten/kota. Jumlah kota penerima penghargaan Adipura meningkat dari tahun 2012 sebanyak 125 kota menjadi 149 kota pada tahun 2013. Pada tahun ini diberikan7 Anugerah Adipura Kencana bagi kota yang melampaui batas pencapaian dari segi pengendalian pencemaran air dan udara, pengelolaan tanah, perubahan iklim, sosial, ekonomi serta keanekaragaman hayati, yaitu kepada:
1. Kota Surabaya
2. Kota Tangerang
3. Kota Malang
4. Kota Balikpapan
5. Kabupaten Tulungagung
6. Kota Bontang
7. Kabupaten Lamongan
Pada tahun ini, ada 33 kota yang menerima Adipura untuk pertama kalinya, yaitu:

1. Kota Makassar
2. Kota Batam
3. Kabupaten Banyuwangi
4. Kota Pematang Siantar
5. Kota Mojokerto
6. Kota Jambi
7. Kota Jayapura
8. Kota Binjai
9. Kota Mataram
10. Kabupaten Sleman
11. Kabupaten Semarang
12. Kota Ambon
13. Kabupaten Pasaman
14. Kabupaten Lampung Barat
15. Kabupaten Kuningan
16. Kabupaten Siak
17. Kabupaten Cirebon
18. Kabupaten Panajam Paser Utara
19. Kota Pariaman
20. Kabupaten Majalengka
21. Kabupaten Kepahiang
22. Kabupaten Bangka Barat
23. Kota Banjar
24. Kabupaten Batang
25. Kabupaten Maros
26. Kabupaten Kolaka Utara
27. Kabupaten Kepulauan Sangihe
28. Kabupaten Pohuwato
29. Kabupaten Bangka
30. Kota Tomohon
31. Kabupaten Selayar
32. Kabupaten Enrekang
33. Kabupaten Pesisir Selatan

Anugerah Adipura Tahun 2013 diberikan kepada:

1. Kota Medan
2. Kota Palembang
3. Kota Semarang
4. Kota Jakarta Timur
5. Kota Jakarta Selatan
6. Kota Jakarta Pusat
7. Kota Manado
8. Kota Yogyakarta
9. Kota Pekanbaru
10. Kabupaten Jombang
11. Kota Madiun
12. Kota Banda Aceh
13. Kota Probolinggo
14. Kabupaten Jepara
15. Kota Magelang
16. Kota Kediri
17. Kabupaten Lumajang
18. Kabupaten Lahat
19. Kota Kendari
20. Kota Payakumbuh
21. Kota Metro
22. Kabupaten Gresik
23. Kota Pasuruan
24. Kota Sukabumi
25. Kota Lubuk Linggau
26. Kota Blitar
27. Kota Bitung
28. Kota Pekalongan
29. Kota Tarakan
30. Kota Pare – Pare
31. Kabupaten Sidoarjo
32. Kota Pangkal Pinang
33. Kota Tanjung Pinang
34. Kabupaten Kudus
35. Kota Cimahi
36. Kota Ternate
37. Kabupaten Tuban
38. Kabupaten Pati
39. Kabupaten Karangasem
40. Kabupaten Temanggung
41. Kabupaten Badung
42. Kabupaten Madiun
43. Kabupaten Sumenep
44. Kabupaten Nganjuk
45. Kabupaten Muara Enim
46. Kabupaten Rembang
47. Kabupaten Mojokerto
48. Kabupaten Ogan Komering Ilir
49. Kabupaten Sampang
50. Kabupaten Kediri
51. Kabupaten Pamekasan
52. Kabupaten Grobogan
53. Kabupaten Magetan
54. Kabupaten Sarolangun
55. Kabupaten Ponorogo
56. Kabupaten Bojonegoro
57. Kabupaten Situbondo
58. Kabupaten Blitar
59. Kabupaten Pangkajene Kepulauan
60. Kabupaten Purbalingga
61. Kota Pagar Alam
62. Kabupaten Malang
63. Kabupaten Deli Serdang
64. Kabupaten Wonosobo
65. Kota Tanjung Balai
66. Kabupaten Bengkalis
67. Kabupaten Pinrang
68. Kabupaten Pacitan
69. Kabupaten Luwu Timur
70. Kabupaten Kolaka
71. Kabupaten Langkat
72. Kabupaten Gorontalo
73. Kabupaten Lampung Selatan
74. Kabupaten Ngawi
75. Kota Sibolga
76. Kabupaten Tegal
77. Kabupaten Probolinggo
78. Kabupaten Tabanan
79. Kabupaten OKU Timur
80. Kota Padang Panjang
81. Kabupaten Kota Waringin Barat
82. Kabupaten Sukabumi
83. Kabupaten Karang Anyar
84. Kabupaten Tulang Bawang
85. Kabupaten Donggala
86. Kabupaten Banjar
87. Kabupaten Pasuruan
88. Kota Prabumulih
89. Kabupaten Sragen
90. Kabupaten Gianyar
91. Kota Solok
92. Kabupaten Bantaeng
93. Kabupaten Kota Waringin Timur
94. Kabupaten Musi Banyu Asin
95. Kabupaten Kepulauan Sula
96. Kabupaten Ciamis
97. Kabupaten Minahasa Utara
98. Kabupaten Trenggalek
99. Kabupaten Boyolali
100.Kabupaten Indramayu
101.Kabupaten Bangkalan
102.Kabupaten Barru
103.Kabupaten Soppeng
104.Kabupaten Wonogiri
105.Kabupaten Tidore Kepulauan
106.Kota Kotamobagu
107.Kabupaten Wajo
108.Kabupaten Bondowoso
109.Kabupaten Bulukumba

Penerima Sertifikat Adipura 2013

Regional No Nama Kota Kabupaten / Kota
Papua 1 Biak Kabupaten Biak Numfor
2 Merauke Kabupaten Merauke
3 Nabire Kabupaten Nabire
4 Manokwari Kabupaten Manokwari
5 Fak-Fak Kabupaten Fak-Fak
Sulawesi dan Maluku 6 Pangkajene Rappang Kabupaten Sidrap
7 Mamuju Kota Mamuju
8 Tondano Kota Tondano
9 Suwawa Kota Bone Bolango
10 Weda Kabupaten Halmahera Tengah
11 Langgur Kabupaten Maluku Tenggara
12 Bau-Bau Kota Bau-Bau
13 Palu Kota Palu
Balinusra 14 Denpasar Kota Denpasar
15 Bima Kota Bima
16 Kupang Kota Kupang
17 Singaraja Kota Buleleng
Kalimantan 18 Samarinda Kota Samarinda
19 Sangatta Kabupaten Kutai Timur
20 Muara Teweh Kabupaten Barito Utara
21 Tanjung Kabupaten Tabalong
22 Ketapang Kabupaten Ketapang
Jawa 23 Jakarta Barat Kota Jakarta Barat
24 Tangerang Selatan Kota Tangerang Selatan
25 Depok Kota Administrasi Depok
26 Sumedang Kabupaten Sumedang
27 Purworejo Kabupaten Purworejo
28 Bantul Kabupaten Bantul
29 Batu Kota Batu
Sumatera 30 Padang Kota Padang
31 Sabang Kota Sabang
32 Rantau Prapat Kabupaten Labuhan Batu
33 Bangkinang Kabupaten Kampar
34 Bintan Timur Kabupaten Bintan
35 Muara Bungo Kabupaten Bungo
36 Curup Kabupaten Rejang Lebong
37 Koba Kabupaten Bangka Tengah
38 Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu
39 Kota Agung Kabupaten Tanggamus

Sarana dan Prasarana terbaik yang menerima Plakat Adipura 2013
1. Taman Kota Terbaik
a. Taman Kota Situ Lembang, Kota Jakarta Pusat
b. Taman Kota Purna MTQ, Kota Pekanbaru
c. Taman Kota Kiyai Langgeng, Kota Magelang
d. Taman Kota Tugu Bundaran, Jl. Pemuda, Kabupaten Kapuas
2. Pasar Terbaik
a. Pasar Padang Selasa, Kota Palembang
b. Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta
c. Pasar Margorejo, Kota Metro
d. Pasar Puri, Kabupaten Pati
3. Terminal Terbaik
a. Terminal Sako Kenten, Kota Palembang
b. Terminal Bandar Yara Payung Sekaki, Kota Pekanbaru
c. Terminal Tangkoko, Kota Bitung
d. Terminal Paleteang, Kabupaten Pinrang
4. Hutan Kota Terbaik
a. Hutan Kota Punti Kayu, Kota Palembang
b. Hutan Kota Gembira Loka, Kota Yogyakarta
c. Hutan Kota Urug, Kota Tasikmalaya
d. Hutan Kota Raduria, Kabupaten Fak – Fak
5. Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Terbaik
a. TPA Bantar Gebang, DKI Jakarta
b. TPA Kota Probolinggo, Kota Probolinggo
c. TPA Temesi, Kabupaten Gianyar
D. ADIWIYATA
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan memberikan penghargaan kepada sekolah berbudaya lingkungan melalui Program Adiwiyata. Dewan Pertimbangan Adiwiyata yang diketuai oleh Saudara Arief Rahman, menetapkan peraih penghargaan Adiwiyata Mandiri kepada 120 sekolah.
Berikut daftar penerima Sekolah Adiwiyata Mandiri Tahun 2013:
NO PROVINSI KABUPATEN/KOTA NAMA SEKOLAH
1. BALI KOTA DENPASAR SMAN 1 DENPASAR
KABUPATEN GIANYAR SMAN 1 SUKAWATI
KOTA DENPASAR SMP WISATA SANUR
KABUPATEN GIANYAR SMAN 1 TAMPAKSIRING
KABUPATEN GIANYAR SMPN 2 UBUD
KABUPATEN KARANGASEM SDN 1 SELUMBUNG
2. BANTEN KOTA TANGERANG SELATAN SD DHARMA KARYA UT
KOTA TANGERANG SELATAN SMAN 9 TANGERANG SELATAN
3. D.I. YOGYAKARTA KABUPATEN KULONPROGO SDN 4 WATES
KOTA YOGYAKARTA SD TARAKANITA, BUMIJO
KABUPATEN KULONPROGO SMKN 1 PENGASIH
KABUPATEN SLEMAN SD KANISIUS KADIROJO
4. JAWA BARAT KABUPATEN INDRAMAYU SMPN UNGGULAN SINDANG
KABUPATEN INDRAMAYU SMAN 1 KRANGKENG
5. JAWA TENGAH KOTA KUDUS SMPN 1 KUDUS
KABUPATEN BOYOLALI SMKN 1 MOJOSONGO
KABUPATEN GROBOGAN SMPN 1 TEGOWANU
KABUPATEN BOYOLALI SDN 4 BOYOLALI
KOTA KUDUS SD CAHAYA NUR KUDUS
KABUPATEN TEMANGGUNG SMKN 1 TEMANGGUNG
KOTA KUDUS SMKN 1 KUDUS
KOTA SEMARANG SMKN 2 SEMARANG
6. JAWA TIMUR KOTA SURABAYA SMPN 16 SURABAYA
KABUPATEN JOMBANG MAN JOMBANG
KABUPATEN MALANG SMKN 1 TUREN
KOTA KEDIRI SMPN 1 KEDIRI
KOTA PROBOLINGGO SMKN 2 PROBOLINGGO
KOTA SURABAYA SDN PERAK BARAT
KOTA SURABAYA SMPN 26 SURABAYA
KABUPATEN BLITAR MTsN JABUNG TALUN
KOTA MOJOKERTO SMAN 2 MOJOKERTO
KABUPATEN KEDIRI SMAN 1 GROGOL
KOTA SURABAYA SD ISLAM YAMASSA
KOTA MALANG SMKN 1 MALANG
KOTA KEDIRI SMPN 4 KEDIRI
KABUPATEN MOJOKERTO SMPN 2 JETIS
KABUPATEN MOJOKERTO SMAN 1 PURI
KABUPATEN TUBAN SMAN 2 TUBAN
KABUPATEN PASURUAN SMPN 2 GONDANG WETAN
KABUPATEN KEDIRI SMPN GAMPENGREJO
KABUPATEN TUBAN SMPN 2 RENGEL
KOTA SURABAYA SD ALAM INSAN MULIA
KABUPATEN SIDOARJO SD HANGTUAH 10
KABUPATEN JOMBANG SMPN 1 TEMBELANG
KABUPATEN LAMONGAN SDN MADE 3
KOTA MADIUN SMPN 2 MADIUN
KABUPATEN PONOROGO SMKN 1 JENANGAN
KABUPATEN LAMONGAN SMPN 2 LAMONGAN
KABUPATEN SUMENEP SMPN 1 MANDING
KABUPATEN PASURUAN SMPN 1 GONDANG WETAN
KABUPATEN TUBAN SMAN 1 TUBAN
KABUPATEN GRESIK SMAN 1 DRIYOREJO
KABUPATEN MAGETAN SMAN 3 MAGETAN
KABUPATEN NGANJUK SMPN 1 PRAMBON
KABUPATEN BANYUWANGI SMKN 1 BANYUWANGI
KABUPATEN JOMBANG SDN KEPANJEN 2
KOTA PASURUAN SMKN 1 PASURUAN
KABUPATEN GRESIK SMAN 1 MANYAR
KABUPATEN MADIUN MIN DOHO
KOTA PROBOLINGGO SMPN 10 PROBOLINGGO
KABUPATEN SAMPANG SMAN 1 TORJUN
KABUPATEN TULUNGAGUNG SDN 06 NGUNUT
KOTA SURABAYA SMPN 4 SURABAYA
KOTA MALANG SDN PURWANTORO I
KOTA BATU SDN 4 TULUNGREJO
KOTA PASURUAN UPT SDN KEBONAGUNG
KOTA MALANG SMAN 8 MALANG
7. KALIMANTAN TIMUR KOTA BALIKPAPAN SD KEMALA BHAYANGKARI
KABUPATEN KUTAI TIMUR SDN 006 SANGKULIRANG
KABUPATEN KUTAI TIMUR SD 1 YPPSB SANGATTA
KOTA TARAKAN SMKN 1 TARAKAN
KABUPATEN BULUNGAN SMPN 3 TANJUNG PALAS
KABUPATEN KUTAI TIMUR SD 3 YPPSB SANGATTA
8. KALIMANTAN BARAT KABUPATEN KETAPANG SMPN 3 KAB. KETAPANG
9. KALIMANTAN SELATAN KABUPATEN BANJAR SMPN 4 MARTAPURA
10. KEPULAUAN BANGKA BELITUNG KABUPATEN BANGKA SMA SETIA BUDI SUNGAILIAT
KOTA PANGKALPINANG SMAN 1 PANGKALPINANG
KOTA PANGKALPINANG SDN 33 PANGKALPINANG
11. PAPUA KOTA JAYAPURA SDN 3 ABEPURA
KOTA JAYAPURA SMAN 4 ENTROP JAYAPURA
12. RIAU KABUPATEN KAMPAR SMAN 2 SIAKHULU
KABUPATEN KAMPAR SMAN 1 BANGKINANG
KOTA DUMAI SMKN 1 DUMAI
KABUPATEN KUANTAN SINGINGI SMKN 2 TELUK KUANTAN SINGINGI
13. SULAWESI SELATAN KABUPATEN WAJO SMAN 3 SENGKANG
KABUPATEN MAROS SMPN 2 MAROS
KABUPATEN PANGKEP SMAN 1 PANGKEP
KABUPATEN BULUKUMBA MTsN 410 TANETE
KABUPATEN WAJO SMAN 2 SENGKANG
KOTA MAKASSAR SD INPRES MACCINI
KOTA MAKASSAR SMPN 8 MAKASSAR
KOTA MAKASSAR SD PERTIWI MAKASSAR
KABUPATEN BULUKUMBA SMAN 12 BULUKUMBA
KOTA MAKASSAR SMPN 17 MAKASSAR
14. SUMATERA BARAT KOTA PADANG SMAN 6 PADANG
KABUPATEN PASAMAN SDN 05 PAUH LUBUK SIKAPING
KOTA BUKITTINGGI SDN 06 AUR TAJUNGKANG TENGAH SAWAH
KOTA PADANG SDSN 20 INDARUNG
KOTA PADANG MAN 2 PADANG
KABUPATEN AGAM SMAN 2 LUBUK BASUNG
KOTA PARIAMAN SDN 01 PAU KURAI TAJI
KOTA SOLOK SDN 17 ARO
KOTA PADANG SDN 10 SUNGAI SAPIAH
KOTA PADANG SMP SEMEN PADANG
15. SUMATERA SELATAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN SMPN 6 UNGGUL SEKAYU (UNGGULAN)
KABUPATEN MUARA ENIM SMA BUKIT ASAM
KOTA PALEMBANG SMAN 17 PLUS
KOTA PALEMBANG SMPN 54 PALEMBANG
KOTA PALEMBANG SMKN 2 PALEMBANG
KABUPATEN OKU TIMUR SDN 20 MARTAPURA
16. SUMATERA UTARA KABUPATEN DELI SERDANG SMPN 2 SUNGGAL
KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA SDN 112305
KABUPATEN LANGKAT SDN 050728
KABUPATEN LANGKAT SDN 0580111
KOTA MEDAN SD SWASTA PERTIWI
KABUPATEN LANGKAT SMPN 1 LANGKAT
KABUPATEN LANGKAT SMAN 1 LANGKAT
KABUPATEN DELI SERDANG SDN 105855 PTPN II
KABUPATEN LABUHAN BATU MIN PADANG BULAN
KABUPATEN ASAHAN MAN KISARAN

Sumber :
http://www.menlh.go.id/penghargaan-lingkungan-pada-peringatan-hlh-sedunia-tahun-2013/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s