Reog Ponorogo Bakal Meriahkan Magelang Night Carnival 2013

MAGELANG, suaramerdeka.com – Kota Magelang kembali akan berpesta ulang tahun. Sukses dengan Grebeg Gethuk dan rally mobil kuno, Kota Jasa ini akan menggelar even besar Magelang Night Carnival (MNC) 2013 pada Sabtu (1/6) malam besok.
Penyelenggaraan karnaval malam kedua ini dijanjikan akan lebih istimewa dari sebelumnya. Selain jumlah peserta lebih banyak, juga karena menurut rencana akan dimeriahkan pentas Reog asli dari Ponorogo Jawa Timur yang dibawa pihak sponsor.
Ketua Panitia, Jimmy Palapa mengatakan, ada keinginan besar dari masyarakat untuk kembali menyaksikan karnaval di malam hari. Karenanya, MNC diadakan lagi dengan semangat Hari Jadi ke-1.107 Kota Magelang.
“Persiapan lebih matang. Sponsor juga lebih banyak dan tentunya jumlah peserta bertambah dua kali lipat dari tahun lalu menjadi 60 peserta. Tidak hanya dari Kota Magelang, peserta juga dari Kabupaten Magelang, Muntilan, Temanggung, dan Salatiga,” ujarnya, Kamis (30/5).
Pemilik toko elektronik Palapa ini menuturkan, tema yang diusung adalah “Magelang Berhias”, sesuai dengan tahapan pencanangan Kota Magelang sebagai Kota Sejuta Bunga. Adapun targetnya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik dalam maupun luar negeri.
“Kami berharap event ini menjadi ikonnya Kota Magelang, sama seperti kota-kota lainnya. Efeknya tentu ke peningkatan sektor pariwisata, bisnis, dan ekonomi masyarakat. Hampir semua jenis usaha akan bergeliat dengan adanya karnaval ini,” katanya.
Jimmy menjelaskan, pelaksanaan karnaval akan dimulai pukul 19.00 dari Jl A Yani lalu bergerak ke alun-alun dan beratraksi di hadapan panggung VIP. Kontingen akan menampilkan berbagai atraksi unik dan menarik yang ditunggu-tunggu masyarakat.
Berbagai kesenian tradisional akan ditampilkan, seperti jathilan dan topeng ireng. Juga kesenian modern, dance, batik fashion on the street, aksi atlet Wushu dan Pencaksilat, dan juga atraksi naga barongsai dari Singa Mas, Kleteng Muntilan, 9 Naga, dan Sinar Kencana Magelang.
“Tidak lupa, akan ada juga penampilan dari drumband Akademi Militer (Akmil) Magelang. Ini akan jadi daya tarik sendiri bagi penonton, karena memang sudah lama tidak melihat atraksi mereka yang selalu membuat kagum,” tuturnya.
Karena bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, kata Jimmy akan diarak juga replika Garuda Pancasila setinggi 2,5 meter. Ada juga replika lain, yakni Kapal Panglima Cheng Ho oleh PITI Magelang dan Burung Jatayu yang diusung kontingen dari Salatiga.
( Asef Amani / CN26 / SMNetwork )
Sumber :
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_kedu/2013/05/31/159063/Reog-Ponorogo-Bakal-Meriahkan-Magelang-Night-Carnival-2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s