Cek Kebersihan, Wali Kota Ajak SKPD Bersepeda Keliling Kota

 

 

MAGELANG, suaramerdeka.com – Untuk melihat langsung di lapangan kesiapan Kota Magelang menghadapi penilaian Adipura 2013 tahap kedua yang rencana dilakukan bulan ini, Wali Kota Ir H Sigit Widyonindito MT mengajak seluruh SKPD keliling wilayah Kecamatan Magelang Tengah dan Magelang Utara.

Kendaraan yang digunakan untuk keliling bukan mobil, tetapi semuanya mengendarai sepeda. Karena sasaran peninjauan tidak hanya jalan-jalan protokol tetapi juga jalan kampung, termasuk menyusuri pinggir Kali Bening.

Pada kegiatan itu wali kota didampingi Wawali Joko Prasetyo SSos dan Sekda Drs Sugiharto menyerahkan bungkusan nasi untuk sarapan pagi petugas penyapu jalan yang ditemui di rute yang dilewati. Nasi yang dibagikan sekitar 200 bungkus.

Peserta berkumpul di rumah dinas Wali Kota Magelang di Jalan Cempaka. Tepat pukul 07.00 berangkat melewati Jalan Diponegoro terus menyurusi tepi Kali Bening, Kelurahan Cacaban. Kemudian naik ke Jalan Sentot Alibasha, Jalan Pahlawan, Jalan Kapten Suparman, Jalan A Yani  dan sebagainya. Kegiatan peninjauan bersepeda itu finish di Kantor Kecamatan Magelang Utara.

Di aula Kantor Kecamatan Magelang Utara mantan Kepala DPU Kota Magelang tersebut melakukan evaluasi hasil peninjauan dengan kepala SKPD, ketua RT, RW, kepala kelurahan dan tokoh masyarakat setempat.

Sebelumnya, di sepanjang jalan yang dilewati dia berhenti memberi pengarahan kepada kepala SKPD baik mengenai kebersihan yang belum maksimal, PKL yang masih berjualan di trotoar serta mampir ke SMP Negeri 13.

“Saya minta PKL jangan berjualan di trotoar, karena tempat itu adalah hak masyarakat untuk berjalan kaki. PKL yang berjualan malam hari di trotoar Jalan Tentara Pelajar pada bulan Maret ini akan dipindahkan ke Jalan Daha bersama PKL lainnya yang sudah lama berdagang di lokasi itu,” tuturnya.

Kepala DPP Drs Isa Ashari MM ketika ditanya mengatakan, rencananya PKL Jalan Tentara Pelajar pindah ke Jalan Daha pada 15 Maret 2013. “Khusus PKL di Jalan Pahlawan menjadi perenungan saya. Sebagian akan dipindahkan ke Taman Badaan. Juga PKL di sepanjang Jalan Pemuda nantinya dipindah ke Pasar Rejowinangun setelah selesai pembangunannya,” ungkapnya.

Wali kota ingin ke depan Kota Magelang menjadi city walk seperti Singapore. Trotoar khusus untuk jalan kaki, tidak boleh untuk kegiatan lainnya.

Dia juga meminta kebersihan baik di sepanjang jalan, kawasan perumahan dan lokasi lainnya ditingkatkan. “Kebersihan harus menjadi budaya warga Kota Magelang. Karena kota kita adalah kota jasa. Dengan kondisi kota yang bersih dilengkapi berbagai fasilitas pendukung maka menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sini,” harap Sigit.

( Doddy Ardjono / CN31 / JBSM ) – See more at: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_kedu/2013/03/01/147383/Cek-Kebersihan-Wali-Kota-Ajak-SKPD-Bersepeda-Keliling-Kota#sthash.oKGbWJR0.dpuf

 

Sumber :

http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_kedu/2013/03/01/147383/Cek-Kebersihan-Wali-Kota-Ajak-SKPD-Bersepeda-Keliling-Kota

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s