Perbanyak Taman, Pemkot Magelang Bidik CSR Perusahaan

21 Januari 2013 | 16:17 WIB

image

BANGUN TAMAN: Taman di Tugu Adipura jadi salah satu taman yang dibuat oleh perusahaan BUMN, Bank BRI. (suaramerdeka.com/ Asef F Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com – Pemkot Magelang makin serius menjadikan Kota Magelang sebagai Kota Sejuta Bunga. Salah satunya dengan terus menambah jumlah taman kota, baik dari kantong sendiri maupun dana sosial (CSR) perusahaan-perusahaan BUMN dan swasta.

Wali Kota Magelang, Ir Sigit Widyonindito menyatakan Kota Sejuta Bunga lebih dari sekadar slogan. Melainkan diharap mampu mendukung visi Kota Magelang sebagai Kota Jasa yang maju, profesional, sejahtera, mandiri, dan berkeadilan.

“Bila perlu, kota bisa kita jual dalam arti positif sebagai tujuan pariwisata. Wisatawan banyak berkunjung ke Magelang akan berimbas pada geliat ekonomi masyarakat yang makin meningkat,” ujarnya saat sidak di SMA Kristen 1 Magelang, Senin (21/1).

Karena itu, Sigit mengimbau kepada masyarakat untuk turut serta menyukseskan program Kota Sejuta Bunga. Sederhananya, siapkan taman bunga di lingkungan sekolah, kampung, dan rumah-rumah warga.

“Siapa sangka, ke depan taman itu bisa jadi peluang bisnis baru. Apalagi, bunga yang ditaman adalah khas Magelang yang sementara ini masih kita cari dan rumuskan bersama. Bunga itu bisa jadi komoditi bisnis yang dapat mendatangkan rupiah,” katanya.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang Pertamanan, Penerangan Jalan, dan Pemakaman DKPT Kota Magelang, Bambang Purwanto mengemukakan, untuk menyukseskan program tersebut pihaknya membidik kerja sama dengan perusahaan-perusahaan di Kota Magelang.

“Tahun 2013 kita fokus membidik perusahaan baik BUMN maupun swasta. Partisipasi mereka juga poin penting bagi penilaian Piala Adipura,” tuturnya.

Perusahaan tersebut, katanya bisa berpartisipasi dengan membuat taman yang tanahnya akan disediakan pemerintah. Berapapun besarnya biaya dipersilahkan mulai dari pembuatan hingga perawatannya. “Sampai saat ini baru ada beberapa perusahaan yang sudah berpartisipasi, seperti Bank BRI dan Bank Jateng,” jelasnya.

( Asef Amani / CN33 / JBSM )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s