Walikota Magelang : Pengelolaan Kebersihan Kota Harus Profesional

Kota Magelang meraih peringkat sembilan penilaian Adipura tahun 2012 se Jateng. Kota getuk tersebut mendapat skor nilai 75,48 atau diatas nilai syarat minimal dari pusat yaitu 74. Namun, kedepan Kota Magelang harus bisa meningkatkan kinerja pengelolaan kebersihan, jika ingin kembali meraih penghargaan tersebut.

Walikota Magelang : Pengelolaan Kebersihan Kota Harus Profesional

 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Prov Jateng Ir Djoko Sutrisno MSi saat ekspose penilaian adipura di ruang sidang lt 2 Setda Kota Magelang, Senin (1/10).
Djoko mengatakan, nantinya penilaiannya akan diperketat lagi dan  memiliki standar penilaian yang berbeda dibanding penilaian sebelumnya.

“Kota Magelang harus lebih berinovasi lagi, jika ingin mempertahankan penghargaan di bidang kebersihan ini,” kata Djoko

Kedatangan Djoko ke Kota Magelang terkait dengan evaluasi hasil penilaian adipura tahun 2012. Ia disambut langsung oleh Walikota Magelang Ir. Sigit Widyonindito MT beserta jajarannya dan sejumlah anggota Komisi C DPRD Kota Magelang.

“Kami ingin menyampaikan beberapa indikator penilaian yang telah dicapai oleh Kota Magelang. Ada yang sudah bagus, namun ada juga yang masih perlu dibenahi,” terangnya.

Ia menuturkan, penilaian pertama adipura tahun 2012-2013 akan dimulai pertengahan Oktober ini, untuk itu Kota Magelang harus sudah siap baik secara fisik maupun administrasinya.

“Yang harus segera dibenahi dan lebih diperhatikan adalah kebersihan dan kerapiannya terutama di terminal, beberapa jalan umum, serta penanganan sampah di sekitar para pedagang kaki lima,” ujarnya.

Lebih lanjut, upaya pemerintah untuk menjaga kebersihan, menata lingkungan serta pengelolaanya tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun butuh peran serta masyarakat serta komponen terkait lainnya.

Walikota Magelang berharap dari hasil evaluasi penilaian tersebut, bisa menjadi masukan terkait pengelolaan lingkungan utamanya penataan kota dengan baik.

“Dinilai maupun tidak dinilai, semua pihak terkait harus tetap siap dan memperhatikan pengelolaan kota secara profesional, agar kota Magelang tetap terlihat bersih, indah, nyaman dan tertib,” tutur Sigit.Humas_Git

Sumber :
http://www.magelangkota.go.id/publikasi/siaran-pers/siaran-pers-2012/walikota-magelang-pengelolaan-kebersihan-kota-harus-profesional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s