PT Pos Indonesia dan Harian Magelang Ekspres Peduli Kali Bening dan Kali Manggis.

Kota Magelang – Sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan dan kelestarian Kali Bening dan Kali Manggis, PT Pos Indonesia bekerjasama dengan Harian Magelang Ekspres mengimbau kepada warga sekitar sungai setempat khususnya, serta warga Kota Magelang pada umumnya untuk dapat saling menjaga kebersihan sungai kebanggaan masyarakat Magelang melalui Kegiatan Gerakan Peduli Kebersihan Kali Bening dan Kali Manggis.

Adapun wujud dari kegiatan itu, PT Pos Indonesia dan Harian Magelang Ekspres memprakarsai pemasangan banner bertuliskan “Jangan Buang Sampah ke Sungai”. Sebanyak 100 banner rencana nya akan dipasangkan disepanjang aliran kedua sungai tersebut. 50 lembar di sepanjang Kali Bening dan 50 lembar lagi di bentangkan dibeberapa titik rawan sampah Kali Manggis.
Pemasangan banner memang sudah dilakukan sejak tanggal 6 Agustus 2012 lalu, namun upacara pembukaan secara simbolis baru dilaksanakan kemarin (9/8), di Jalan Area Kali Bening RW 11 Kelurahan Cacaban Magelang.

Kepala PT Pos Indonesia Cabang Magelang Purgiyanto dalam sambutannya menyampaikan, seiring dengan gencarnya pemerintah kota (Pemkot) Magelang yang tengah berupaya membangun kota dan ingin mewujudkan Magelang sebagai kota sejuta bunga, PT Pos Indonesia berinisiatif untuk bisa mendukung.

“Karena tidak ada alasan lain, PT Pos Indonesia Magelang selama ini mencari nafkahnya disini. Maka sudah sepantasnya turut peduli terhadap kondisi kota,” ujarnya.

Kegiatan ini, lanjut Purgiyanto, diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat agar dapat turut menjaga kebersihan sungai.
Selain memasangkan banner disepanjang aliran sungai Kali Bening dan Kali Manggis, PT Pos Indonesia dan Harian Magelang Ekspres membagikan paket berisikan sembako (sembilan bahan pokok) kepada sebanyak 100 orang warga sekitar sungai yang membutuhkan. Penyerahan dilakukan usai upacara penyerahan banner.
Wali Kota Magelang Ir H Sigit Widiynindito MT, melalui Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Tata Kota Ir Eri Widyo Saptoko dalam sambutannya menyampaikan, Pemkot memberikan apresiasi kepada PT Pos Indonesia dan Magelang Ekspres karena sudah turut peduli terhadap kebersihan kota. “Kegiatan semacam ini sangat baik dilakukan, apalagi dilakukan saat pada bulan Ramadan,” papar Eri.
Kali Bening dan Kali Mangis merupakan sungai yang selama ini menjadi kebanggaan masyarakat. Dengan terjaga nya kedua sungai ini, maka dapat menjadikan
Namun, dengan seiring bertambahnya penduduk yang semakin padat, dapat merubah sungai yang dahulu dikenal sebagai sungai yang memiliki debit air yang bersih menjadi kotor. Ditambah lagi dengan masalah sungai yang semakin dangkal. Apabila masyarakat sembarang membuang sampah, maka yang terjadi adalah tercemar dan tersumbat alirannya. Sedimentasi ini harus segera dihentikan.
“Sampah adalah masalah yang besar. Untuk itu butuh kesadaran dari masing-masing warga agar taat membuang sampah. Mari kita sama-sama menjaga kebersihan agar aliran sungai agar kondisinya tetap lancar dan tidak terhambat,” imbaunya. (sumber : Surat Kabar Harian Magelang Ekspres)

Sumber :
http://www.magelangkota.go.id/publikasi/berita-magelang/pt-pos-indonesia-dan-harian-magelang-ekspres-peduli-kali-bening-dan-kali-manggis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s