Pembangunan Taman Kota Magelang Dianggarkan Rp 2,5 Miliar

MAGELANG, suaramerdeka.com – Pemkot Magelang berupaya ruang terbuka hijau (RTH) pada tahun 2012 bertambah. Untuk itu disediakan anggaran untuk penataan dan pembangunan taman kota sebesar Rp 2,5 miliar.
Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Tata Kota (DKPTK) Ir Eri Widyo Saptoko MSi mengatakan, dari RTH yang disyaratkan pemerintah sebesar 30 persen, di Kota Magelang baru tersedia 18 persen. Kekurangan harus dipenuhi secepatnya.
Dia menuturkan, tahun 2012 pemkot mendapat bantuan dari Pemprov Jateng untuk pembangunan taman kota sebesar Rp 2 miliar. “Kami juga menganggarkan sekitar Rp 500 juta untuk penataan taman,” tuturnya.
Proyek taman kota yang dibangun tahun 2012 meliputi sepanjang Jalan A Yani, tepatnya di depan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof dr Soerojo hingga Sambung perbatasan Kota dan Kabupaten Magelang. Kemudian Armada Estate, Kebonpolo, Soka, Monumen Tidar, pembatas Jalan Tidar dan jalan menuju Kyai Langgeng. “Target pembangunan selesai akhir tahun 2012, dan akan berlanjut pada tahun 2013,” ujarnya.
Selain itu, lanjut Eri, tahun 2013 dilakukan penataan taman di sepanjang Jalan Majapahit di pinggiran saluran Progo Manggis. “Untuk penataan taman di Jalan Majapahit perlu koodinasi dengan berbagai pihak. Karena pinggir Kali Manggis masih ditempati pedagang kaki lima,” ungkapnya.
Kepala Satpol PP Drs Singgih Indri Pranggana menjelaskan, penataan PKL di sepanjang Jalan Majapahit menjadi prioritas. Saat ini pihaknya bersama instansi terkait sedang mengupayakan tempat relokasi sementara.
Seperti diketahui bangunan PKL itu berdiri di atas lahan milik Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Pemprov Jateng. Izin penggunaannya habis terhitung 1 Juni 2008.
( Doddy Ardjono / CN26 / JBSM )

Sumber :
http://www.magelangnet.com/waos/pembangunan-taman-kota-magelang-dianggarkan-rp-25-miliar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s