Biaya Pemeliharaan Taman Kota Magelang Diserahkan Perusahaan Swasta

MAGELANG, suaramerdeka.com – Kini saatnya Pemkot Magelang menyerahkan pemeliharaan taman-taman kota kepada perusahaan swasta. Dengan cara itu maka dana pemeliharaan taman yang dianggarkan pada APBD bisa dialihkan untuk kegiatan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebenarnya, kata anggota Komisi C DPRD Sriyanto BSc, dilibatkannya perusahaan swasta untuk membiayai pemeliharaan taman sudah pernah dilaksanakan. Seperti Hotel Puri Asri dulu memelihara taman di sepanjang tanggul Kali Kota di Jalan A Yani.

“Sekarang saya tidak tahu siapa yang memelihara taman di tanggul Kali Kota tersebut. Setahu saya, Hotel Puri Asri saat ini diberi tanggung jawab memelihara Taman Cempaka di sepanjang Jalan Cempaka,” tutur Ketua DPK PKP Indonesia tersebut.

Bahkan belakangan ini perbaikan dan pemeliharaan Tugu Adipura di Jalan Jenderal Sudirman ditangani Bank BRI Magelang. “Saya berharap ke depan pemeliharaan taman semuanya ditangani perusahaan swasta, termasuk BUMN dan BUMD. Lebih baik lagi jika kebersihan jalan juga melibatkan swasta,” ungkapnya tanpa merinci berapa dana APBD untuk pemeliharaan taman-taman tersebut.

Mengenai taman di sepanjang Jalan Sudirman berikut taman di bekas pompa bensin (SPBU) Trunan juga di Jalan Sudirman, Sriyanto menuturkan, akan dilakukan Hotel Atria yang pada bulan ini operasional.

“Itu sebagai kompensasi atas dipotongnya sekitar tujuh pohon di depan hotel tersebut. Saya heran kenapa pemkot mengizinkan tujuh pohon ditebang semua, harusnya cukup tiga pohon. Mengingat ruang terbuka hijau (RTH) Kota Magelang belum mencapai 30 persen sesuai ketentuan pemerintah,” tegasnya.

Anggota DPRD dari Fraksi Partai Demokrat itu berharap, ke depan tidak ada lagi pemotongan pohon penghijauan apalagi dalam jumlah banyak. Karena Kota Magelang masih harus menanam banyak pohon agar memenuhi ketentuan RTH 30 persen.

Dia meminta kepada Hotel Atria supaya taman di bekas SPBU Trunan juga ditamani banyak pohon penghijauan. “Selain itu, dilengkapi jalan setapak yang diberi kerikil (batu kecil-red) serta tempat duduk untuk santai,” katanya.

http://www.suaramerdeka.com/v1/index…usahaan-Swasta
__________________

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s