Trofi Adipura Kota Magelang Dikirab

Kota Magelang meraih penghargaan di bidang kebersihan, ketertiban serta penataan lingkungan yakni penghargaan Adipura. Meski tahun sebelumnya sempat tak mendapatkan penghargaan tersebut, tahun 2012 kota getuk kembali memperoleh penghargaan yang memang dipersembahkan untuk seluruh warga Kota Magelang.

Sebelumnya Selasa kemarin (5/6) penghargaan tersebut telah diserahkan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono kepada Walikota Magelang Ir Sigit Widyonindito MT di Jakarta.
Usai diserahkan kepada walikota, penghargaan Adipura tersebut dikirab mengelilingi Kota Magelang antara lain melewati Jl Ahmad Yani, Jl Pemuda, Jl Jend Soedirman kemudian finish di halaman Kantor Walikota Magelang dengan diiringi hujan rintik-rintik yang turun sepanjang perjalanan.
“Dari Jakarta walikota beserta rombongan menuju Bandara Ahmad Yani Semarang, kemudian dilanjutkan perjalanan darat ke Magelang. Tiba di Magelang rombongan berhenti sejenak di Armed 3 Sambung, kemudian dilanjutkan dengan kirab adipura menuju Kantor Walikota Magelang,” terang Kabag Humas Protokol dan Santel Setda Kota Magelang Drs Bambang Suprawata.
Bambang menjelaskan, penghargaan Adipura tersebut dikirab menggunakan mobil bak terbuka dimana dalam kendaraan tersebut ada tiga camat, yakni camat magelang utara, tengah dan selatan serta mas dan mbak Kota Magelang. Selain itu kirab tersebut, juga diikuti seluruh kepala kelurahan se-Kota Magelang, serta ratusan pengiring yang terdiri dari pasukan kuning, staf Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Tata Kota (DKPTK), staf Kantor Lingkungan Hidup (KLH), dari Dinas Pengelolaan Pasar (DPP), staf Kecamatan dan Kelurahan serta sejumlah karyawan Pemkot Magelang.
“ Kirab tersebut disambut oleh sejumlah pelajar dan masyarakat di sepanjang rute yang dilalui,” kata Bambang.
Lebih lanjut, pada saat iring-iringan melewati alun-alun Kota Magelang, rombongan disambut atraksi drumband dari SMA EL SHADAI Kota Magelang. Sesampainya rombongan di pintu masuk Kantor Walikota, mereka juga disambut tari kuntulan yang diperagakan oleh siswa-siswi SMA Negeri 2 Kota Magelang.
Prosesi diakhiri dengan upacara penyambutan penghargaan Adipura yang dihadiri Gubernur Akmil yang diwakili oleh Direktur Bimbingan Lembaga Akmil, Forum Pimpinan Daerah, Komandan Rindam IV Diponegoro, Komandan Batalyon Armed III, Komandan Batalyon Armed XI, Wakil Direktur Rumah Sakit Dr Soedjono serta sejumlah kepala instansi vertikal, BUMN, BUMD se Kota Magelang.
Walikota Magelang dalam sambutannya memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang terlibat dalam penilaian tersebut, utamanya upaya kerja keras, partisipasi dan dukungan seluruh masyarakat Kota Magelang yang tanpa pamrih.
“Ini semua berkat keikhlasan atas partisipasi dan dukungan seluruh elemen masyarakat,” ujar Sigit.
Mantan Kepala DPU Kota Magelang tersebut juga meminta secara khusus kepada SKPD terkait beserta masyarakat agar kedepannya mampu mempertahakan dan meraih kembali untuk tahun-tahun berikutnya.
“Tentunya harus diimbangi dengan peningkatan segala hal yang mempengaruhi penilaian adipura tersebut,” tandasnya.
Rencananya tanggal 7-9 Juni ini, Penghargaan Adipura juga akan dikirab di tiap-tiap kecamatan, mulai dari Kecamatan Magelang Utara, Magelang Tengah, dan terakhir di Kecamatan Magelang Selatan.
Selain itu pemkot juga akan mengadakan sarahen adipura di seluruh kelurahan secara bergiliran, mulai pertengahan Juni ini sampai Juli mendatang. (Humas Kota Magelang)
Sumber :
http://www.magelangkota.go.id/publikasi/siaran-pers/siaran-pers-2012/trofi-adipura-dikirab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s